Headlines News :
Home » » PPP: Partai Islam Solid Tanpa Bahas Capres

PPP: Partai Islam Solid Tanpa Bahas Capres

Written By Unknown on Kamis, 14 November 2013 | 06.30

M Romahurmuziy

Jakarta (Antara) - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy mengatakan partai-partai Islam sangat mungkin membentuk koalisi yang solid untuk Pemilu 2014 bila tidak terlebih dahulu membahas soal calon presiden yang akan diajukan.
"Saya sangat optimistis koalisi partai Islam akan terbentuk pada saatnya. Yang penting kami menjauhkan ego pribadi dengan tidak terlebih dahulu memunculkan atau membahas nama-nama yang akan dimajukan sebagai capres," kata Romy, panggilan akrab Romahurmuziy, saat ditemui di Gedung Nusantara II di Jakarta, Kamis.

Bila di kemudian hari ada persoalan tentang pemilihan dari masing-masing partai terkait penetapan calon presiden yang akan maju pada Pilpres 2014, Romy mengatakan seluruh partai yang berada dalam koalisi harus membahasnya dengan seksama.
"Mungkin ada yang bilang kalau nanti kami berebut tentang mencalonkan presiden dari partainya masing-masing sehingga koalisi partai islam itu akan bubar, maka hal itu yang harus kami pikirkan dengan matang dari sekarang bila nanti berkoalisi," ujarnya.

Ia berpendapat pada dasarnya koalisi partai tengah atau partai Islam itu harus dibentuk dan disolidkan terlebih dahulu secara institusional sehingga tidak mudah pecah bila ada perbedaan pendapat.
"Kalau sudah solid, kemudian kami bisa menyepakati dasar-dasar untuk menetapkan capres yang akan maju dari partai mana. Lalu, cawapresnya dari partai yang mana," jelasnya.
Oleh sebab itu, ia menekankan untuk dapat mewujudkan koalisi partai Islam, atau yang ia sebut dengan koalisi partai tengah, masing-masing partai yang ikut berkoalisi harus menekan ego atau keinginan untuk memunculkan capres masing-masing.

Sekjen PPP itu menilai partai-partai berbasis Islam sebenarnya memiliki modal dasar untuk berkoalisi, yakni kesamaan ideologi yang lebih tegas dibandingkan partai-partai nasionalis.
"Bila kita berbicara tentang kemungkinan partai-partai Islam ini bergabung maka paling tidak kami disatukan oleh satu kitab dan `hadits` yang sama," tuturnya.
Selain itu, kata dia, partai-partai Islam disatukan dengan suatu perjuangan yang sama untuk memasukkan unsur-unsur syariah Islam ke dalam peraturan perundang-undangan, namun tetap dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Dengan kesamaan-kesamaan tersebut, nantinya ikatan yang terbentuk bisa menjadi lebih erat," katanya.
Selanjutnya, ia mengatakan nantinya koalisi partai Islam itu harus fokus tidak hanya untuk pemenangan Pilpres, tetapi juga untuk membentuk pemerintahan yang lebih baik dari sebelumnya.
Namun, Romy mengaku upaya untuk membentuk koalisi partai Islam itu hingga saat ini masih dalam tahap komunikasi informal.
"Sejauh ini kami melakukan komunikasi yang disebut `diplomasi warung kopi`. Jadi, kami baru melakukan komunikasi-komunikasi informal, seperti kumpul-kumpul," ujar Romy. (ar)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Twitter

Recent Posts

Data pengunjung


free web counters

Countdown Pemilu 2014

Translete

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Jangan Lewatkan

Kalender

Popular Posts

Waktu sholat untuk .J Soewoko ٦٩ Lamongan. Widget Jadwal Sholat oleh Alhabib.
Sholatlah engkau sebelum di Sholati

About Me

Powered By Blogger
 
Support : Creating Website | PPP Template | Crew Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. ppp lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Template