Headlines News :
Home » » KPU Umumkan Hasil Verifikasi Faktual Januari 2013

KPU Umumkan Hasil Verifikasi Faktual Januari 2013

Written By Unknown on Jumat, 28 Desember 2012 | 10.21

JSejumlah parpol yang tidak lolos verifikasi pemilu 2014.
Sejumlah parpol yang tidak lolos verifikasi pemilu 2014. (sumber: Beritasatu TV)
 
Hasil verifikasi faktual disampaikan pada forum rapat terbuka pada 7 Januari 2013.

Anggota KPU RI Ida Budhiati mengatakan, pengumuman hasil verifikasi faktual akan dilakukan melalui rapat pleno terbuka Januari 2013 dengan mengundang parpol, lembaga pengawas pemilu dan pemangku kepentingan lain.

KPU akan mempertanggungjawabkan seluruh proses verifikasi partai politik, sehingga dia berharap hasil verifikasi faktual dapat diterima oleh partai politik dengan baik, kata Ida, dalam diskusi yang diadakan Komunitas Jurnalis Peduli Pemilu di Gedung Bawaslu, Jakarta, hari ini.

"Hasil verifikasi faktual akan disampaikan pada forum rapat terbuka baik di kabupaten/kota, provinsi dan pusat pada 7 Januari 2013. Kami siap mempertanggungjawabkan seluruh proses tahapan verifikasi partai politik, sehingga harapan kami partai politik dapat menerima dengan baik hasil rekapitulasi pada waktu tersebut," katanya.

Ida mengatakan, dalam rapat tersebut KPU akan mengundang partai politik, panitia pengawas pemilu, dan pemangku kepentingan lain, serta memberikan kepada seluruh pihak untuk menyampaikan persoalan-persoalan yang ditemukan dalam proses verifikasi, maupun persoalan terkait hasil verifikasi.

"Atas persoalan-persoalan disampaikan, nantinya KPU kabupaten/kota dan provinsi wajib memberikan penjelasan. Kalau sudah dijelaskan dan belum bisa diterima maka diberikan satu jenis formulir untuk diberikan nota keberatan atas hasil proses untuk disampaikan secara tertulis," kata dia.

Menurut dia, semangat penyelenggaraan pemilu sejauh ini terus didorong untuk berjalan secara demokratis, yakni dengan membuka transparansi, partisipasi masyarakat, serta memberikan ruang kepada calon peserta pemilu untuk menyatakan komplain.

Ida mengatakan, dirinya secara pribadi dan lembaga menyatakan apresiasi terhadap seluruh partai politik calon peserta pemilu yang telah berjuang untuk memenuhi persyaratan verifikasi pemilu.
Sumber:Antara
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Twitter

Recent Posts

Data pengunjung


free web counters

Countdown Pemilu 2014

Translete

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Jangan Lewatkan

Kalender

Popular Posts

Waktu sholat untuk .J Soewoko ٦٩ Lamongan. Widget Jadwal Sholat oleh Alhabib.
Sholatlah engkau sebelum di Sholati

About Me

Powered By Blogger
 
Support : Creating Website | PPP Template | Crew Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. ppp lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Template