Headlines News :
Home » » JK, Jokowi dan Suryadharma Ali Bersaing Jadi Capres PPP

JK, Jokowi dan Suryadharma Ali Bersaing Jadi Capres PPP

Written By Unknown on Sabtu, 08 Februari 2014 | 23.17

LIPUTAN KHUSUS MUKERNAS PPP



 JAKARTA - Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akhirnya mempertahankan enam nama bakal calon presiden (capres) yang dinilai memiliki kriteria yang sesuai dengan persyaratan PPP.
Keenam nama bakal capres PPP yang akhirnya dipertahankan hingga berakhirnya mukernas ini, setelah keputusan Mukernas menyisihkan empat kandidat capres lain.

Keenam nama yang tetap dipertahankan PPP dalam keputusan Mukernas yang diselenggarakan di Bandung ini, di antaranya, Ketua Umum PPP Suryadharma Ali, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, mantan Ketua MK Jimly Asshiddiqie, Ketua Umum PP. Muhammadiyah Din Syamsuddin dan Bupati Kutai Timur Isran Noor.

Politisi PPP yang juga menjadi Sekretaris Majelis Pakar DPP PPP Ahmad Yani mengakui ada sejumlah nama yang dipertahankan dan yang tersisih dari sembilan nama yang  sempat diusulkan sebagai bakal capres.
Dari sembilan nama yang diusulkan DPW PPP, tiga nama telah disisihkan diantaranya Yenny Wahid, Panglima TNI Moeldoko dan Ketua KPK Abraham Samad.

Sedangkan, Mahfud MD dan Khofifah sejak awal telah disisihkan dari sembilan nama usulan DPW PPP. Dan Khofifah mengungkapkan ketidak sediaannya.

"Kalau Yenny Wahid dari segi personalnya saja. Secara personal Yenny mengapresiasi. Dia tetap memberikan dukungan. Tapi saat ini, untuk menjaga keseimbangan ya tidak. Alasannya pesonal kita hargai," kata Yani kepada wartawan, Ahad (9/2).

Sedangkan Panglima TNI Moeldoko, Yani menjelaskan pihaknya tidak mau merusak netralitas TNI ke dalam urusan politik. Karena Moeldoko hingga saat ini merupakan anggota TNI aktif dan menjadi pimpinan tinggi di TNI. "Kita tidak ingin menyeret-nyeret TNI ke dalam politik praktis," terangnya.

Dan untuk Ketua KPK Abraham Samad, Yani mengakui, pihaknya menghargai ketua KPK untuk menyelesaikan permasalahan korupsi di Indonesia. Walaupun ia secara pribadi sangat menginginkan adanya kandidat capres muda seperti Abraham Samad di PPP.

Wakil Ketua Umum PPP, Lukman Hakim Syaifuddin usai rapat terakhir Mukernas mengungkapkan Kesepakatan seluruh peserta bahwa hasil keputusan rekomendasi Mukernas termasuk kandidat capres akan diumumkan di Sabuga, Ahad (9/2) siang.

Saat ditanya apakah dapat dipastikan tidak akan ada deklarasi bagi Ketua Umum PPP, Suryadharma Ali, Lukman meminta wartawan untuk menunggu. Menurut dia, deklarasi merupakan penyampaian dari suatu pernyataan. Terkait apa isi pernyatannya, dia belum bisa membeberkannya.

"Jadi yang jelas akan ada pernyataan dari keputusan Mukernas. Tapi isinya apa sebaiknya kami berharap bisa menahan diri, bersabar, untuk menunggu," ujarnya.

Kalau Capres PPP Bukan Ekonom Konstitusi, Tidak Akan Mampu Jawab Tantangan Zaman

Kalau mencermati kebutuhan negara saat ini, capres dari PPP belum cukup mampu mengatasi masalah bangsa yang justru sangat substansial saat ini, yakni problem ekonomi bangsa.

"Jadi, sebaiknya PPP berfikir antisipatif, tidak hanya menggunakan logika popules dan logika maping kekuatan politik," kata Direktur Puspol Indonesia, Ubedilah Badrun kepada Aktual.co, Minggu (9/2). 

Kalau berfikir antisipatif, sambungnya, maka diperlukan calon yang memiliki kapasitas antisipasi problem ekonomi mendatang.

"Jadi, jika bursa capres PPP masih itu-itu saja, maka dipastikan tidak akan mampu menjawab tantangan zaman," tambahnya.

Ada sembilan nama yang mencuat di Mukernas PPP Bandung. Mereka adalah Suryadharma Ali, Jusuf Kalla, Jokowi, Jenderal Moeldoko, Isran Noor, Khofifah Indar Parawansa, Yeni Wahid, Abraham Samad dan Din Syamsuddin.  

Sebelumnya, Juru Bicara Presiden era Gus Dur, Adhie mengatakan, sebetulnya PPP bisa mengusung Dr Rizal Ramli (RR) yang bukan sekedar ekonom, tapi bisa disebut pendekar ekonomi sebagai capres.

"RR disebut pendekar karena sepakterjangnya dalam membela ekonomi konstitusi yang lebih berpihak (kepada rakyat) sangat jelas. RR juga punya kapasitas politik yang kuat untuk membuat kebijakan ekonomi yang berpihak," imbuh Adhie.
Ari Purwanto

PPP Tetap Tampung Aspirasi Kader Capreskan Figur Eksternal

Internal Partai Persatuan Pembangunan tetap solid dalam mendukung pencalonan Ketua Umumnya Suryadharma Ali menjadi calon presiden dari partai tersebut.

Dukungan terhadap Suryadharma Ali untuk maju sebagai calon presiden (capres) dari internal tetap solid. Semua peserta Mukernas sepakat ia kader terbaik partai, kata Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan Bidang Komunikasi dan Media, Arwani Thomafi di sela-sela Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II PPP, di Bandung, Sabtu (8/2).

Meski demikian, pihaknya tetap menampung aspirasi dari para kader untuk kemungkinan masuknya figur dari luar partai untuk menjadi capres Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Mukernas pada Sabtu malam membahas tentang deklarasi capres yang pada rencana sebelumnya akan dilaksanakan pada Minggu (9/2). "Malam ini Mukernas akan melaksanakan Sidang Pleno VIII, pengambilan keputusan termasuk soal kapan akan dilaksanakan deklarasi capres," katanya.

Arwani mengatakan, Suryadharma Ali merupakan tokoh yang dekat dengan kalangan santri dan kiai. Hal itu sebagai konsekuensi jabatannya sebagai Menteri Agama yang menjadikannya dekat dengan kalangan pesantren.

"Di internal PPP dan pesantren, Suryadharma Ali (SDA) punya kapabilitas yang mumpuni sebagai capres 2014," katanya.

Dukungan terhadap SDA juga datang dari keluarga almarhum Gus Dur yang menganggap PPP merupakan penyalur aspirasi bagi warga Nahdlatul Ulama (NU) karena sosoknya yang gencar mewujudkan nilai-nilai perjuangan Gus Dur.
Ari Purwanto
Redaktur : Djibril Muhammad
Reporter : Amri Amrullah
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Twitter

Recent Posts

Data pengunjung


free web counters

Countdown Pemilu 2014

Translete

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Jangan Lewatkan

Kalender

Popular Posts

Waktu sholat untuk .J Soewoko ٦٩ Lamongan. Widget Jadwal Sholat oleh Alhabib.
Sholatlah engkau sebelum di Sholati

About Me

Powered By Blogger
 
Support : Creating Website | PPP Template | Crew Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. ppp lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Template